-->
BERITIPS
royganteng
HOMEWEB DEVELOPMENTBLOGGERGOOGLE ADSENSEINTERNETMACBOOKIPHONE
Wednesday, November 18, 2015

Cara Melihat Ketahanan dan Cycle Count Baterai iPhone iPad dan Macbook

Check Cycle Count iPhone dan iPa
Check Cycle Count iPhone dan iPad

Baterai adalah salah satu komponen paling penting pada sebuah smartphone. Seperti yang telah kita ketahui bahwa semakin lama perkembangan teknologi semakin pesat, teknologi mulai menjadi kebutuhan sehari-hari bagi manusia.

Perlu dan mesti kita teliti bahwa ketika membeli sebuah iPhone atau iPad bekas (Second) kita wajib memperhatikan ketahanan baterai nya, karena dengan check ketahanan baterainya kita dapat mengetahui seberapa sering si pemilik lama menggunakan device tersebut. Memang secara kasat mata untuk perangkat apple kita tidak dapat melihat baterai nya secara langsung, karena baterai nya tidak dapat dilepas seperti smartphone yang lainnya.

Cycle Count adalah jumlah berapa kali baterai tersebut di charger, maksudnya bukan berapa kali kita mencolokan charger ke perangkat yang kita gunakan, melainkan berapa kali perangkat tersebut menghabiskan daya 100%. Misalkan anda mempunyai baterai 100%, lalu anda menggunakan baterai tersebut sampai 0%, itu telah memakai 1 Cycle Count.
Contoh lain, anda mempunyai baterai 40%, lalu anda menggunakan nya, dan tersisa 20% (menghabiskan 20%), kemudian anda charger baterai tersebut hingga 100% dan anda gunakan baterai tersebut dan tersisa 20% (menghabiskan 80%), disini anda sudah memakan 1 Cycle Count, karena 20% + 80% = 100%.
  • iPhone Owners Your battery is designed to retain up to 80% of its original capacity at 500 complete charge cycles.
  • Apple Watch Owners / Your battery is designed to retain up to 80% of its original capacity at 1000 complete charge cycles.
  • iPad Owners Your battery is designed to retain up to 80% of its original capacity at 1000 complete charge cycles.
  • iPod Owners Your battery is designed to retain up to 80% of its original capacity at 400 complete charge cycles.
  • MacBook Owners Your battery is designed to retain up to 80% of its original capacity at 1000 complete charge cycles.
Seperti yang telah dijelaskan oleh situs resmi apple, Cycle Count Baterai pada produk apple maximal 1000 cycle count, jika melebihi 1000 cycle count, baterai tersebut tidak layak pakai lagi atau diwajibkan untuk menggantinya dan pada iPhone dan iPod hanya berlaku 500 cycle count saja.

Walaupun secara langsung kita tidak dapat melihat kesehatan dan ketahanan baterai pada iPhone dan iPad, kita dapat melihat nya dengan bantuan aplikasi CoconutBattery. Sebenarnya CoconutBattery ini adalah aplikasi check baterai untuk Mac dan Windows, tetapi terdapat juga fitur untuk perangkat iOS Device, seperti iPhone dan juga iPad.

Dengan CoconutBattery kita bisa mendapatkan informasi baterai pada Macbook, iPhone, iPod, dan Apple Watch secara langsung. Tidak hanya informasi baterai nya saja loh, kita juga dapat melihat :
  • Umur Perangkat iOS (termasuk Mac, iPhone, iPad dan iPod)
  • Cycle Count Baterai
  • Kapasitas daya yang dapat ditampung baterai tersebut pada saat ini.
  • Suhu Baterai.
  • Kalibrasi
  • mAh Baterai
  • dll.
Jadi dengan CoconutBattery ini, kita dapat mengetahui berapa ketahanan dan penyimpanan maximal pada sebuah baterai, seperti pada gambar diatas, baterai iPhone saya hanya dapat menyimpan 92% saja. 92% bukan berarti ketika dicharger hanya sampai 92% saja, tidak! tetapi performa penggunaan baterai nya hanya 92% saja, tidak utuh 100% lagi, karena baterai tersebut mulai mengalami penurunan.

Saya kira itulah beberapa Cara Melihat Ketahanan dan Cycle Count Baterai iPhone iPad, semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas, silahkan berikan komentar anda. Terima kasih.
BAGIKAN:

Google +1

Blogging, Tips, Trik, Free Software
 
Copyright © 2015 - 2016. Beritips