-->
BERITIPS
royganteng
HOMEWEB DEVELOPMENTBLOGGERGOOGLE ADSENSEINTERNETMACBOOKIPHONE
Friday, November 6, 2015

Cara Mengoptimalkan CPC Google Adsense Long Tail Keyword

High CPC from Google Adsense
Google AdSense adalah salah satu jaringan iklan terbesar di dunia resmi milik Google. Google adsense adalah jaringan iklan yang paling tinggi bayaran nya di dunia dan sekaligus jaringan iklan terfavorit yang banyak peminat nya mulai dari blogger, web berita besar dan sebagainya.

Saya juga seorang blogger yang masih belajar untuk menaklukan dan masih mencari celah untuk mendapatkan bayaran klik tinggi dari pengiklan google atau yang sering disebut CPC (Cost Per Click). Akhir-akhir ini saya sangat bersemangat mendalami ilmu adsense, karena pendapatan adsense yang saya dapatkan terus bertambah dan ingin terus belajar agar mendapatkan pencapain yang lebih baik dari pendapatan sebelum nya.

Google Adsense membayar kita dengan "Klik" dan tampilan iklan "Perseribu tampilan". Nah, bagaimana jika blog tersebut tidak memiliki pengunjung yang banyak untuk mendapatkan bayaran dari PPS (Pay Per Seribu) ?. Jawaban nya adalah kita wajib meningkatkan harga Klik (CPC) yang kita dapatkan dari Google adsense.

Prinsip saya begini "Lebih baik mendapatkan klik sedikit tapi harga klik nya tinggi dari pada Klik banyak tapi harga klik nya rendah". Kenapa ? Karena dengan banyak nya klik akun google adsense kita rentan terkena banned adsense atau terkena invalid traffic. Karena akhir-akhir ini banyak sekali publisher adsense yang terkena invalid traffic, bahkan sampai 70% invalid dari pendapatan yang mereka hasilkan dalam akun mereka.

Misal dari 10 Klik kita bisa mendapatkan 10$
Lalu dari 2 Klik kita juga bisa mendapatkan 10$ karena mendapatkan harga klik tinggi (CPC) dari google. Saya lebih baik memilih 2 klik dapat 10$ dari pada 10 klik dapat 10$, kenapa ? Karena dengan 10 klik kita akan mendapatkan invalid traffic lebih banyak dibandingkan 2 klik tersebut.

Pada artikel ini saya akan memberikan sedikit tips Bagaimana Cara Mengoptimalkan CPC Google Adsense Long Tail Keyword.

Meningkatkan CPC Google Adsense

Sebenarnya banyak cara meningkatkan CPC di Google Adsense. Tidak usah jauh-jauh, tidak usah gunakan tools ini itu, Google sudah menyediakan itu semua, tinggal kita lagi harus kreatif dan pintar untuk mengatur dan memanfaat fitur yang telah disediakan google adsense. Fitur tersebut diantaranya adalah :

1.  Custom Channel (Saluran Khusus)

Banyak sekali publisher google adsense yang mengabaikan fitur ini dan menganggap custom channel ini tidak berguna karena mereka tidak mengetahui kegunaan custom channel ini adalah fasilitas yang disediakan oleh Google Adsense agar kita bisa memonitor setiap unit iklan yang kita gunakan. Tidak itu saja, Custom channel ini juga bertujuan untuk memberi tahu si Advertiser (Pengiklan). Jadi jika kita mengoptimalkan Custom Channel ini dengan baik, jangan heran CPC pada google adsense tersebut meningkat. 

Custom channel ini juga dapat menawarkan kepada si Pengiklan sebagai lokasi iklan bertarget. Jadi, optimalkan custom channel ini dengan menentukan penempatan iklan yang bagus, warna iklan, atribut iklan. Jika ini anda terapkan, maka custom channel yang kita buat, dapat dilihat oleh si Advertiser (pengiklan), jika menurut mereka layak mendapatkan bayaran tinggi maka CPC anda otomatis akan meningkat.
Karena Google selalu mengingatkan kepada publisher nya kami akan menampilkan "IKLAN YANG RELEVAN". Buatlah iklan di blog anda serelevan mungkin maka anda akan mendapatkan bayaran iklan yang tinggi.

2. Gunakan Unit Iklan Yang Disarankan

Google sudah menyarankan iklan mana yang performa nya lebih baik. Karena tidak semua pengiklan di google menggunakan unit iklan yang ada. Misal iklan "Buka Lapak", kita dapat melihat iklan buka lapak tampil pada ukuran 300x250, tetapi jika anda memasang iklan 200x200 maka anda tidak akan pernah melihat iklan "Buka Lapak", karena buka lapak hanya menggunakan ukuran iklan yang banyak di gunakan. Jadi anda harus kreatif untuk memilih iklan dan menempatkan iklan di blog anda. Ukuran iklan berpengaruh dalam menentukan CPC pada Google Adsense. Tidak semua unit iklan bayaran nya sama. Kenapa? Karena beberapa waktu lalu saya mendapatkan email langsung dari google yang mengatakan bahwa :

"Unit iklan 336x280 memungkinkan iklan 300x250 juga ikut bersaing, meningkatkan persaingan untuk ruang iklan Anda lebih dari dua kali lipat. Persaingan ini berarti peningkatan penghasilan bagi Anda."

Cara Mengoptimalkan CPC Google Adsense Long Tail Keyword
200% Lebih Bagus
Jadi, anda simpulkan sendiri maksud dari gambar di atas. Gambar diatas menurut saya sudah menjelaskan semua.

3. Target Kata Kunci untuk CPC

Untuk mendapatkan CPC tinggi, anda harus menulis artikel bagus dan layak mendapatkan CPC tinggi. Otomatis pengiklan akan senang dengan blog tersebut dan anda akan mendapatkan bayaran tinggi dari setiap klik yang anda hasilkan dari blog anda. Tapi sangat sulit mengetahui bagaimana ciri-ciri artikel yang akan mendapatkan bayaran tinggi.

Jika anda masih mendapatkan CPC rendah, silahkan coba tambahkan code ini diawal postingan anda <!–google_ad_section_start-0><!–google_ad_section_start(weight=ignore)–> dan tambahkan code ini di akhir postingan anda <!–google_ad_section_end–>. Tambahkan kode tersebut pada saat anda menulis artikel, tambahkan pada HTML pada saat menulis postingan.
Saya telah mencoba code diatas, hasilnya cukup memuaskan, ada sedikit perubahan. Silahkan coba saja, mungkin saja ini cocok dengan anda.

Sekian dulu dari saya tentang Cara Mengoptimalkan CPC Google Adsense Long Tail Keyword, semoga dengan cara di atas, CPC anda meningkat dan setiap bulan gajian dari Google. Aamiin :D
Selamat mencoba dan Semoga berhasil :)
BAGIKAN:

Google +1

Blogging, Tips, Trik, Free Software
 
Copyright © 2015 - 2016. Beritips