-->
BERITIPS
royganteng
Tuesday, March 20, 2018

Perpustakaan Unsyiah Bukan Hanya Sekedar Tempat Meminjam Buku

Perpustakaan merupakan tempat atau sarana penting yang harus dimiliki oleh setiap perguruan tinggi maupun sekolah, karena perpustakaan memiliki banyak informasi yang terkandung di dalamnya. Perpustakaan sangat berperan penting terhadap pengguna yang membutuhkannya serta mendukung proses kegiatan belajar mengajar.

Mengenai soal Perpustakaan, saya ingin bercerita sedikit pengalaman saya tentang perpustakaan kampus, yaitu Unsyiah Library (Perpustakaan Universitas Syiah Kuala). Tempo lalu saya menghabiskan liburan saya di Kota Banda Aceh yang kebetulan saya ingin men-survey kehidupan kampus di Universitas Syiah Kuala untuk tugas penelitian kuliah saya. Tujuan utama saya adalah mengunjungi Perpustakaan Unsyiah yang katanya bukan perpustakaan biasa.

Sekilas Tentang Perpustakaan Unsyiah


UPT. Perpustakaan Unsyiah, terletak di Jalan Teuku Nyak Arief, yang bersebelahan dengan Gedung Biro Utama Unsyiah.  Di depan perpustakaan tersebut tertulis dengan jelas "Knowledge is Free at Our Library, Just Bring Your Own Container". Dari luar tergambar jelas Perpustakaan Unsyiah bukan hanya sekedar perpustakaan namun banyak hal menarik yang ditawarkan di dalamnya. Tidak hanya memiliki bangunan yang megah, perpustakaan tersebut juga memiliki fasilitas lengkap dan canggih, mulai dari komputer, koneksi internet dan juga buku-buku koleksi terlengkap. Wajar saja jika perpustakaan ini telah meraih Akreditas Nasional A dan sertifikasi ISO 9001:2008 mulai dari tahun 2013 dari Lembaga Perpustakaan Nasional RI.

Unsyiah Library


Video Profil UPT. Perpustakaan Unsyiah




Kisah Sukses Seseorang Karena Perpustakaan


Ini kali pertamanya saya mengunjungi perpustakaan Unsyiah. Ketika memasuki gedung Perpustakaan, rasa nyaman dan hangat mulai terasa. Saya melihat banyak mahasiswa yang begitu aktif dalam melakukan aktifitas perkuliahan mereka.

Pada saat mengunjungi Perpustakaan saya ditemani oleh seorang teman yang sebelumnya sudah kenal, tapi belum pernah bertatap muka langsung. Awalnya kami kenal dari Grup Facebook, yang kebetulan isinya semua nya berasal dari Aceh. Orang tersebut adalah Ridha, salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala yang sangat menginspirasi saya. Bagaimana tidak, Ia yang masih duduk di bangku kuliah sudah memperoleh gaji jutaan rupiah perbulan nya yang hanya bermodalkan komputer dan koneksi internet.

Ridha yang dulunya gagap akan teknologi, kini sukses dengan Bisnis Online nya gara-gara sering mengakses perpustakaan di kampusnya. Ridha yang dulunya belum bisa mengoperasikan komputer sedikit mengalami kesulitan untuk mencari tugas kuliah dari dosennya. Seperti yang kita ketahui pada zaman milenial ini, semuanya sudah berbasis online, hampir semua aktifitas kita sudah dikendalikan oleh internet. Ia pun minder dan merasa banyak ketinggalan informasi dengan teman-temannya yang lain, Lalu ia pun berinisiatif untuk belajar di perpustakaan kampusnya.

"Kebetulan di perpustakaan ada Komputer dan internet, jadi saya belajar aja disana" kata Ridha.

Dengan bantuan teman nya, Ridha pun sedikit demi sedikit mulai bisa mengoperasikan komputer. Merasa tertarik dengan dunia internet, ia pun mulai mengembangkan keterampilan diri dengan mengikuti pelatihan komputer dan workshop di kampusnya.

"Dulu saya sangat buta sekali dengan teknologi, jangankan pakai komputer, punya aja nggak" katanya.

Berawal dari iseng-iseng berjualan di internet, kini ia berhasil membiayai kuliahnya sendiri tanpa bantuan orang tuanya. Ia yang dulunya bermodalkan layanan internet gratis di perpustakaan, kini sudah mempunyai usaha bisnis Dropship nya.

FYI : Dropship adalah sebuah metode jual beli online di mana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman.

Pada saat itu ia tidak memiliki modal untuk membuka usaha. Bermodalkan membaca, ia menemukan sistem Dropship, Dimana kita bisa buka usaha tanpa modal sepeserpun.

Dengan menjalankan bisnis Drospship tersebut, ia mulai mengumpulkan modal untuk membuka usaha offline nya, dan keinginan tersebut pun terwujud pada awal tahun 2018, ia membuka bisnis Distro And Surf nya di daerah Pango, Banda Aceh tempat dimana ia tinggal.

Distro and Surf

Berawal dari "iseng" kini menjadi bisnis yang menjanjikan. Sangat banyak pelajaran dan pesan-pesan yang saya dapatkan ketika bertemu dengan beliau. Pengalaman tersebut membuat saya lebih termotivasi agar jangan pernah berhenti mencoba dan selalu tetap berusaha apapun yang terjadi.


Perpustakaan Unsyiah Bukan Perpustakaan Biasa


Di era digital saat ini orang mulai berfikir meninggalkan perpustakaan, karena mereka memiliki fasilitas akses terhadap sumber informasi yaitu internet. Hal yang terlintas di benak kita ketika mengingat perpustakaan adalah rak-rak buku yang membuat orang-orang merasa kesulitan untuk mencari buku yang ingin mereka cari dan sedikit demi sedikit mulai melupakan perpustakaan.

Perpustakaan Unsyiah membuat terobosan baru, agar mahasiswa nya lebih mudah menemukan buku yang dicari, yaitu dengan menghadirkan UILIS (Unsyiah Integrated Library Information System). Pencarian buku kini sudah sangat mudah karena UILIS. Sistem ini terintegrasi dengan OPAC (Online Public Acces Catalog) dan setiap lantai dari Pustaka memiliki komputer yang terhubung dengan OPAC. Ini memudahkan para pengunjung mencari buku yang diinginkan hanya dengan pencarian kata kunci. Tidak ada bedanya kan dengan searching di internet, tinggal masukkan kata kunci langsung keluar informasi yang kita inginkan :)

UILIS Unsyiah

Tidak hanya itu saja, Hidup di zaman serba gadget ini, Perpustakaan Unsyiah juga tidak ingin ketinggalan, mereka menghadirkan UILIS Mobile. UILIS Mobile memiliki fitur untuk pencarian koleksi (OPAC), historis peminjaman dan perpanjangan peminjaman secara online. Aplikasi ini bisa di download di smartphone Android, aplikasi ini berguna untuk meminjam dan memperpanjang buku yang ingin kita baca tanpa harus datang ke perpustakaan unsyiah. Tinggal download saja aplikasi nya, pinjam dan perpanjang buku yang ingin dibaca.






Siapa bilang perpustakaan itu membosankan ? Tapi tidak dengan perpustakaan ini.
Di Perpustaakan Unsyiah tidak semua hal isinya tentang buku, Perpustakaan ini memiliki CAFE didalamnya agar memudahkan para pengunjung perpustakaan membeli makanan dan minuman untuk di konsumsi sambil membaca. Cafe tersebut yang bersifat kekinian akan membuat kita betah menghabiskan waktu berjam-jam tanpa merasa bosan sedikitpun. Keren bukan?



(Dikarenakan instagram libricafe di private, admin mengganti foto instagram dengan yang baru)

Agar lebih mencintai perpustakaan dan meningkatkan budaya baca mahasiswa nya, Unsyiah membuat program Unsyiah Library Fiesta yang diadakan setiap tahunnya, dan pada saat ini acara Unsyiah Library Fiesta 2018 sedang berlangsung dan dibuka untuk umum. Ini adalah hal yang sangat positif, agar kita dapat meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia dengan cara membaca.


Pentingnya Mencintai Perpustakaan


Cara untuk memperoleh ilmu adalah dengan cara belajar. Kunci kesuksesan belajar adalah membaca dan salah satu sarana belajar adalah Perpustakaan. Pertanyaannya adalah apakah sebagian besar waktu kita sudah kita pergunakan untuk membaca ? Padahal kita ingin sukses, tetapi tidak banyak waktu yang kita luangkan untuk membaca. Bagaimana bisa terwujud cita-cita kita ? itu sangat tidak realistis.

Perpustakaan bukan hanya sekedar tempat meminjam buku dan mengembalikan buku, tapi jadikan sebagai acuan kita agar lebih Termotivasi dan Terinspirasi dalam menimba ilmu untuk meraih kesuksesan.
Bangsa Indonesia yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya tidak akan dapat mewujudkan cita-citanya tanpa memiliki keunggulan sumber daya manusia. Keunggulan sumber daya manusia dapat dicapai dengan cara meningkatkan budaya baca. Membaca merupakan modal utama untuk menuai sukses dan cara termurah untuk dapat membaca adalah mengunjungi Perpustakaan.

Saya berharap perpustakaan-perpustakaan lain dapat berlomba-lomba memajukan perpustakaannya dan mencontoh perpustakaan Unsyiah ini, agar masyarakat sekitar tertarik untuk mengunjungi perpustakaan. Dan juga dengan sistem pencarian buku yang ada di perpustakaan unsyiah ini dapat diterapkan di perpustakaan lain, baik itu di perpustakaan kampus, toko-toko buku maupun gramedia, agar para pencari buku tidak kesulitan untuk mencari buku yang mereka cari.

"The more that you read, the more things you will know." ― Seuss
(Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal pula yang kamu ketahui)

"Perpustakaan adalah tempat untuk memenuhi dahaga ilmu pengetahuan." ~Abdurrahman Wahid

Semoga seiring berkembangnya zaman, perpustakaan bukan lagi tempat yang membosankan, melainkan tempat mencari Motivasi Inspirasi dan menyenangkan :)
Referensi tulisan :
http://library.unsyiah.ac.id/
http://www.purwo.co/2017/03/perpustakaan-unsyiah-model-ideal.html
https://www.youtube.com/watch?v=u_3y7O5Y9tc
https://www.youtube.com/watch?v=C8O989K8yVg
http://www.unsyiah.ac.id/
BAGIKAN:

Google +1

 
Copyright © 2015 - 2018. Beritips